free hit counter Apa Saja Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis? - smangaat.com

Apa Saja Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis?

Apa Saja Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis?smangaat.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Hidup minimalis merupakan konsep hidup dimana kamu hanya mempunyai barang yang sederhana dan sesedikit barangkali namun akan memberikanmu manfaat yang sebanyak dan semaksimal mungkin. Kemungkinan kamu familiar dengan kalimat “Less is more”. Kalimat itu merupakan jargon terkenal yang diterapkan ketika kamu punya gaya hidup minimalis.

Pada masa yang sekarang sudah serba modern ini, banyak muncul barang-barang canggih keluaran terbaru yang terlalu menarik dan inovatif. Hal ini pasti saja tidak menopang kita untuk hidup dengan sederhana. Barang-Barang baru ini terus saja bermunculan. Setelah itu harga barang pun selalu naik bersamaan berjalannya waktu. Namun, terkadang ada saja muncul perasaan untuk ingin selalu up to date dengan tren yang tetap bermunculan ini sehingga kita tidak ketinggalan zaman. Tapi, gaya hidup konsumtif ini tidak akan memberi tambahan manfaat jangka panjang yang baik untuk kamu. Maka dari itu, kita akan menambahkan tips dan manfaat dari menerapkan pola hidup minimalis.

Tips Gaya Hidup Minimalis

  • Eliminasi Barang Yang Tidak Kamu Perlukan

Ketika membeli suatu barang, kamu tentu berpikir bahwa kamu akan membutuhkan barang itu. Namun, tidak jarang juga bahwa sebenarnya kamu tidak sangat memerlukannya dan kamu hanya membeli barang itu karena kamu lapar mata saja. Hal ini akan membuat menumpuknya barang-barang di rumah kamu. Apalagi, tidak jarang juga orang yang membeli barang yang punya manfaat sama dengan yang sudah mereka miliki.

See also  7 program pengeditan video terbaik untuk pemula

Untuk mengeliminasi barang-barang ini, kamu dapat melakukannya dengan memilih dan memisahkan barang-barang yang sudah tidak lagi kamu perlukan. Kemudian, kamu simpan barang tersebut di suatu tempat dan tetapkan waktu misalnya selama satu bulan. Jadi, jika dalam satu bulan kamu tidak mencari atau menggunakan barang tadi, kamu bisa menyingkirkan barang tersebut. Kamu dapat menjualnya ke pasar loak atau memberikannya kepada yang membutuhkan.

  • Belilah Barang Berkualitas Tinggi

Masih cukup banyak orang-orang yang punya pola pikir dimana ketika membeli barang yang paling penting adalah harganya murah. Padahal, tidak jarang barang murah tadi mempunyai kualitas yang bisa dikatakan tidak begitu bagus. Dengan kualitas yang tidak bagus itu, barang pun cenderung akan lebih cepat rusak. Hal ini pun selanjutannya mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang lagi untuk membeli barang yang sama.

Karena itu, kamu mampu menganggap bahwa punya semua barang merupakan bentuk investasi. Tidak apa-apa untuk sesekali mengeluarkan uang lebih banyak ketika membeli barang dengan kualitas yang terjamin. Sebab barang yang berkualitas inipun cenderung punyai masa pakai yang lebih awet dan tahan lama. Jadi, kamu tidak harus lagi untuk membeli barang yang sama dalam waktu yang dekat.

Manfaat Pola Hidup Minimalis

  • Fokus Pada Diri Sendiri

Minimalis tidak selalu objeknya barang. Pola hidup minimalis ini berarti kamu harus memanfaatkan sesuatu yang kamu memiliki secara maksimal, hal ini terhitung waktu. Memanfaatkan waktu dengan baik punya efek yang cukup besar bagi kamu ketika menekuni hari. Memakai waktu secara efisien akan memberi tambahan kamu waktu lebih banyak. Hal ini membuat kamu mampu melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya tidak bisa kamu lakukan karena kehabisan saat untuk hal-hal yang tidak penting. Dengan waktu ekstra ini, kamu bisa fokus untuk mengasyikkan diri kamu sendiri dengan cara mendalami hobi kamu, berolahraga, jalan-jalan ke mall, atau hanya tidur-tiduran sambil membaca buku.

  • Hemat
See also  4 Ide Bisnis Produk Digital yang Bisa Laku Terjual di Pasaran

Pola hidup minimalis bukan berarti kamu akan mengeluarkan uang lebih minimal dari sebelumnya. Hidup minimalis justru membuat kamu membeli barang berkualitas yang cenderung mempunyai harga yang lebih mahal, namun akan memberi tambahan fungsi jangka panjang. Nah, kegunaan jangka panjang ini lah yang akan menghemat pengeluaran kamu. Dengan barang berkualitas dengan masa pakai yang lama, kamu tidak lagi hjarus membeli barang yang sama dalam waktu dekat.

Namun, ada aspek lain dari pola hidup minimalis yang memberi tambahan pengaruh ekonomis bagi kamu. Pola hidup minimalis ini tekankan prinsip prioritas yang mendorong kamu untuk mengendalikan keinginan kamu untuk berbelanja. Jika kamu telah berhasil untuk mengontrol diri dalam mengeluarkan uang, hal ini dapat kamu jadikan senjata kamu untuk lebih berhemat.

  • Tempat Tinggal Akan Terasa Lebih Lega

Sebelum menerapkan pola hidup ini, tidak sedikit orang-orang yang cenderung menimbun dan menyimpan barang dengan pikiran bahwa suatu waktu kita akan memerlukan barang itu. Dan tidak jarang juga ujung-ujungnya kita sama sekali tidak menggunakan barang itu lagi.

Menumpuknya barang-barang ini pasti saja akan mengambil banyak space dan membuat tempat rumah kita menjadi lebih sempit. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, daerah tinggal kamu pun akan terasa lebih lowong, lega, dan pastinya lebih nyaman karena kamu anda tidak lagi menyimpan barang-barang tidak sangat diperlukan.

Sekian tips dan kegunaan dari hidup minimalis yang kita berikan. Tips ini dapat kamu terapkan dalam kehidupanmu. Poin paling penting yang jadi kunci dari hidup minimalis yaitu untuk menjauhkan sikap konsumtif yang berlebihan dan untuk hidup lebih sederhana, berguna dan berkualitas.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

New Link Scandal Trisha Kar Madhu Ka Gana Viral Video

New Link Scandal Trisha Kar Madhu Ka Gana Viral Video

Video Viral Link Skandal Trisha Kar Madhu Ka Gana. Selamat bergabung kembali kawan, apa kabar hari ini?, saya ingin percaya bahwa anda sehat selalu. Kembali lagi bersama kami yang akan membahas berbagai data menarik dari belahan dunia lain. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dunia viral yang masih hot di media sosial. Yuk, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.