free hit counter Ibu Kota Baru Akan Punya Bandara, Selesai Dibangun pada Tahun 2024 - smangaat.com

Ibu Kota Baru Akan Punya Bandara, Selesai Dibangun pada Tahun 2024

Ibu Kota Baru Akan Punya Bandara, Selesai Dibangun pada Tahun 2024smangaat.com – Hay sahabat semuah kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Lokasi calon bandara berada di antara kawasan Ibu Kota Negara (Ikn) dengan Balikpapan. Lokasi itu akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun Ikn. Pemerintah akan membangun bandar udara (Bandara) baru di wilayah Ibu Kota Negara (Ikn) Nusantara. Lokasi calon bandara ada di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (21/2), meninjau lokasi calon bandara itu. Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu meninjau lokasi langsung dengan menggunakan helikopter.

Dia menjelaskan Kementerian Perhubungan sudah melakukan penelitian atau belajar penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis, yaitu berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.

“Lokasi ini akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun Ikn,” kata Budi Karya, dalam siaran pers, Selasa (22/2).

Bandara baru ini nantinya punya panjang landas pacu (Runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter, dan bisa didarati pesawat berbadan besar layaknya Boeing 777.

Budi Karya optimistis jika bandara baru itu bisa diselesaikan pada tahun 2024 mendatang.

“Melihat keadaan di lapangan dan pengalaman membangun Bandara YIA yang ukurannya sama, itu bisa ditunaikan,” tuturnya.

Dia memberikan Kementerian Perhubungan Akan berkoordinasi dengan TNI AU perihal kerja sama pemanfaatan bandara IKN untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

See also  Inilah Bisnis Tidak Ada Matinya

Sebelumnya, Menhub juga jalankan kedap koordinasi dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara, Pemerintah Tempat, dan unsur berkaitan lainnya di Bandara Aji Muhammad Sulaiman, untuk membahas kesiapan sektor transportasi udara menunjang planning pemindahan Ikn.

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Rakyat Transportasi Indonesia (Mti) Pusat mengatakan bandara baru di IKN bisa saja dibangun untuk menopang gerak presiden dan pejabat negara, seperti halnya Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

“Jadi barangkali modelnya seperti pengganti Bandara Halim. Presiden dan pejabat negara ada bandaranya sendiri terkecuali tidak mau terganggu penerbangan udara komersial atau umum,” tutur Djoko, Selasa (22/2).

Seperti diketahui, saat ini ada dua bandara utama di Kalimantan Timur yakni Bandara APT Pranoto di Samarinda dan Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan.

Djoko memberi tambahan, dengan kapasitas sekarang, Bandara Sepinggan sebenarnya masih bisa menunjang atau digunakan sebagai pendukung gerak presiden.

Tapi, pemerintah mesti membangun wahana dan prasarana pendukung bandara di sekitar ibu kota baru seperti tol. Pasalnya, perjalanan dari Bandara Sepinggan menuju ibu kota membutuhkan saat dua jam lewat jalan nasional.

“Tol yang ada sekarang kan di kota nah diteruskan ke ibu kota. Dibangun juga jalur kereta dari bandara ke calon ibu kota,” tambahnya.

Akhir Kata 

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Update Link Video Marc Daniel Bernardo Twitter Video Viral

Update Link Video Marc Daniel Bernardo Twitter Video Viral

Greetings friend, back again with the administrator who never tires of imparting interesting information to all of you. At this gathering the administrator will survey about Link Video Marc Daniel Bernardo Twitter Video Viral. This moment, there are a lot of web clients who are searching for the presence of connections that are presently all [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.