free hit counter Kinerja Industri Semen Lampaui Level Pra-pandemi, Penjualan Membaik - smangaat.com

Kinerja Industri Semen Lampaui Level Pra-pandemi, Penjualan Membaik

Kinerja Industri Semen Lampaui Level Pra-pandemi, Penjualan Membaiksmangaat.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Pulihnya industri semen didorong oleh pulihnya penjualan lebih tinggi dari level pra-pandemi, terutama ditopang penjualan ke luar negeri atau ekspor.

Penjualan industri semen sudah melebihi posisi pra-pandemi. Kontribusi ekspor ke keseluruhan penjualan semen yang tetap meningkat pada tahun lalu dinilai jadi pendorong utamanya.

Asosiasi Semen Indonesia (Asi) mendata total penjualan semen pada 2021 mencapai 77 juta ton. Capaian itu naik tipis 0,96Prosen dibandingkan realisasi 2019 sebesar 76,2 juta ton dan naik 6,94Persen dari posisi 2020 sebesar 72 juta ton.

“Program ekspor maju pesat, naik (Kira-kira) 25Persen tahun ini (2021) yakni sebesar 11,6 juta ton dibandingkan tahun lalu (2020) kira-kira 9,2 juta ton,” kata Ketua Generik ASI Widodo Santoso dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (26/1).

Negara tujuan utama ekspor semen nasional adalah Bangladesh atau sebanyak 45Persen dari total volume. Negara tujuan ekspor akhirnya adalah Filipina (11Persen), Cina (9Prosen), Australia (9Persen), dan Taiwan (6Persen).

Sementara itu, mengkonsumsi semen nasional tercatat naik 5,9Persen secara tahun jadi 66,21 juta ton. Realisasi ini masih lebih rendah dari capaian 2019 sebanyak 69,99 juta ton.

Seperti diketahui, pandemi sudah memukul industri semen di dalam negeri dan menyebabkan mengkonsumsi semen nasional susut 10,4Persen jadi 62,72 juta ton pada 2020. Meskipun kinerja ekspor naik 44Persen secara tahun jadi 9,27 juta ton, total penjualan industri semen pada 2020 merosot 5,8Persen jadi 72 juta ton.

Pendorong utama membaiknya mengonsumsi semen domestik adalah peningkatan mengonsumsi di Pulau Jawa sebesar 5,5Persen jadi 35,69 juta ton. Perkembangan ini di Pulau Jawa signifikan lantaran lebih kurang 55Persen mengonsumsi nasional berasal dari pulau ini.

See also  Link Uncensored Nigerian DJ Summie Video and Photo Leaked On Twitter & Reddit Viral

Tak hanya itu, perkembangan konsumsi semen juga didorong naiknya konsumsi di Pulau Sulawesi sebesar 20,1Persen jadi 6,44 juta ton. Naiknya mengkonsumsi ini ditopang permintaan di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat sebab proyek infrastruktur strategis, seperti jalan trans Sulawesi dan proyrk pembangunan smelter.

“Kenaikan konsumsi didalam negeri didominasi oleh kenaikan (Semen untuk) properti sebesar 10,2 Persen, sedangkan infrastruktur sekedar 2,75Prosen pada total mengonsumsi didalam negeri. Pertumbuhan perkembangan ekonomi nasional cukup menjanjikan, untuk 2022 diperkirakan kenaikan mengkonsumsi semen di dalam negeri berkisar 5Persen,” kata Widodo.

Pada 2021, Widodo menyampaikan ada dua pabrik baru yang sudah beroperasi pada 2021, yakni PT Semen Imasco Asiatic (Semen Singa Merah) di Jawa Timur dan PT Semen Grobogan di Jawa Tengah. Dengan demikian, total kapasitas terpasang industri semen nasional bertambah 5 juta ton jadi 116 juta ton.

Dengan kata lain, keadaan keunggulan pasokan industri semen nasional kini bertambah jadi 45 juta ton pada 2021. Pasalnya, rata-rata penjualan semen cuman sanggup mencapai kira-kira 70 juta ton per tahun.

“Asi bersama dengan semua anggotanya mohon dengan terlalu sehingga pemerintah langsung mengeluarkan ketentuan tertulis berkaitan tidak ada izin pembangunan pabrik baru supaya kelangsungan kinerja industri semen bisa terjamin,” ucap Widodo.

Widodo pun menilai angka penjualan 70 juta ton per tahun terancam dengan adanya isu ketersediaan dan harga batu bara belum lama ini. Menurutnya, batu bara jadi komponen penting didalam penjualan ekspor industri semen.

Sejauh ini, kinerja ekspor berkontribusi kurang lebih 15Persen dari total penjualan. Alhasil, Widodo menilai efektivitas aplikasi DMO batu bara jadi penting untuk mempertahankan kinerja ekspor yang pada selanjutnya mempertahankan taraf utilisasi industri semen nasional.

See also  New Link Mawuko Girls Senior High School & Mawuko Girl Viral Video

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Leaked Video Viral On Twitter Who Is Zanele Sifuba? Who Is Zanele Sifuba Husband? Zanele Sifuba

Leaked Video Viral On Twitter Who Is Zanele Sifuba? Who Is Zanele Sifuba Husband? Zanele Sifuba

Who is Zanele Sifuba: If you do not know who is Zanele Sifuba and you have come to our website to know more about who is Zanele Sifuba, you have come to the right place. Who is Zanele Sifuba? After Zanele Sifuba's image surfaced on Twitter and Reddit, many people on the internet wanted to know who Zanele Sifuba's husband is and who Zanele Sifuba herself is. Who Is Zanele Sifuba? Mma Ntombizanele Sifuba, a politician and teacher from South Africa, has served as the Speaker of the [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *