free hit counter Mulai Bulan April TV Analog Disetop, Beriut Ini Keuntungan Beralih ke TV Digital - smangaat.com

Mulai Bulan April TV Analog Disetop, Beriut Ini Keuntungan Beralih ke TV Digital

Mulai Bulan April TV Analog Disetop, Beriut Ini Keuntungan Beralih ke TV Digitalsmangaat.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, tidak kurang dari empat keuntungan yang akan dirasakan individu saat beralih ke TV digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo gencar memindahkan TV sederhana ke TV digital, atau dikenal dengan istilah simple switch off (ASO). Dimana siaran TV sederhana juga akan dihentikan mulai satu bulan dari sekarang.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, tidak kurang dari empat keuntungan yang akan dirasakan individu saat beralih ke TV digital. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan gerakan TV digital tahap pertama pada 31 April 2022. Tahap kedua akan dilaksanakan pada 25 Agustus 2022 terakhir 2 November 2022.

“Saat ini Kemenkominfo telah memfasilitasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait relokasi TV digital secara luas,” kata Dedy, kemarin (16/3).

Salah satu persiapan Kementerian untuk gerakan TV digital adalah pembagian set top box gratis kepada masyarakat miskin. Set top box adalah gadget penangkap sinyal siaran. Ada beberapa jenis, khususnya DVB-T2, DVB-C, DVB-S, dan DVB-IPTV. Untuk sementara, Indonesia masih menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.

“Tahap pertama sebanyak 3.202.470 unit set top box,” ujarnya. Secara keseluruhan, sebanyak 3.115.193 unit berasal dari komitmen operator multiplexing dan 87.277 unit dari bantuan pemerintah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga melihat adanya berbagai keuntungan bagi masyarakat saat beralih ke TV digital. Pertama, gratis selamanya karena siaran TV digital diperbolehkan mengudara.

See also  Ibadah Umrah Sudah Dibuka, Berapakah Biayanya?

“Tidak ada persyaratan tambahan biaya, seperti berlangganan untuk mendapatkan siaran digital,” kata Direktur Standardisasi Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mulyadi dalam webinar Set Top Box: Tidak Tahu Jadi Tidak Digital Bulan lalu (18/2).

Kedua, dapatkan gambaran yang jelas. “Bagi penikmat TV digital, kualitas gambar dan suara akan berubah,” kata Mulyadi.

Pada siaran TV digital, sampai saat ini belum ada gambar seperti semut atau noise dan bayangan pada monitor.

Ketiga, masyarakat akan mendapatkan berbagai macam fitur tambahan saat menggunakan TV digital. Misalnya, ada panduan program elektronik atau elemen EPG untuk mengetahui program yang sudah dan akan ditayangkan nanti.

TV digital juga dilengkapi sistem peringatan dini atau dikenal sebagai EWS, sebagai jenis mitigasi bencana. Saat terjadi bencana alam, pengguna TV digital akan mendapatkan teguran. Ada juga sorotan pengawasan anak atau parental lock.

Keempat, tidak memerlukan parabola karena menyiarkan TV digital terestrial, atau menggunakan frekuensi radio VHF/UHF seperti siaran sederhana, tetapi dengan format substansi digital. Akibatnya, individu hanya menggunakan kabel penerima UHF ditambah set top box sebagai kolektor untuk siaran TV digital.

Kepala Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, mengatakan relokasi TV digital akan memberikan dividen spektrum digital. Pasalnya, TV sederhana memanfaatkan rekurensi 700 MHz. Jika Anda telah beralih ke digital, ruang kosong itu dapat digunakan untuk peningkatan era kelima atau inovasi web 5G.

Ismail mengatakan, pemanfaatan ruang kosong frekuensi TV sederhana sebelumnya juga bisa dilakukan saat proses relokasi.

“Area yang bisa kita rilis untuk pita 700MHz akan dilakukan secara perlahan. Seperti itu, operator seluler yang merencanakan jaringan untuk mendukung 5G dapat membuat pita inklusi,” kata Ismail.

Check Also

Leaked Video Viral On Twitter Who Is Zanele Sifuba? Who Is Zanele Sifuba Husband? Zanele Sifuba

Leaked Video Viral On Twitter Who Is Zanele Sifuba? Who Is Zanele Sifuba Husband? Zanele Sifuba

Who is Zanele Sifuba: If you do not know who is Zanele Sifuba and you have come to our website to know more about who is Zanele Sifuba, you have come to the right place. Who is Zanele Sifuba? After Zanele Sifuba's image surfaced on Twitter and Reddit, many people on the internet wanted to know who Zanele Sifuba's husband is and who Zanele Sifuba herself is. Who Is Zanele Sifuba? Mma Ntombizanele Sifuba, a politician and teacher from South Africa, has served as the Speaker of the [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *