free hit counter Muluskan Perpindahan IKN, Jokowi Bertemu Sultan dan Tokoh Adat Kaltim? - smangaat.com

Muluskan Perpindahan IKN, Jokowi Bertemu Sultan dan Tokoh Adat Kaltim?

Muluskan Perpindahan IKN, Jokowi Bertemu Sultan dan Tokoh Adat Kaltim?smangaat.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Para tokoh adat dan masyarakar Kalimantan Timur meminta sehingga Jokowi melibatkan masyarakat adat dan juga SDM lokal dalam pembangunan IKN.

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, menggelar rendezvous dengan sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin (31/1).

Pada rendezvous itu Presiden Jokowi mendengarkan asipirasi dan harapan para tokoh masyarakat pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Di antara tokoh masyarakat dan adat yang hadir di antaranya Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin, Sultan Paser, Muhammad Jarnawi,nKepala Adat Dayak Kenya, Ajang Tedung, Syarifuddin HR selaku Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar, dan wakil Ketua 2 Keluarga Kerukunan Sulawesi Selatan, Andi Singkeru.

Didalam rendezvous, tokoh adat dan masyarakat Kalimantan Timur Meminta supaya Jokowi melibatkan masyarakat adat dalam pembangunan IKN.

“Tokoh masyarakat adat Kalimantan Timur sangat antusias dan menolong penuh pembangunan IKN. Pasti ada masukan-masukan yang sangat berharga,” tutur deputi Bidang Pemantauan, Penilaian, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Ppn)/Bappenas, Taufik Hanafi, dalam keterangan resmi, Senin (31/1).

Masukan berupa pentingnya perhatikan kearifan lokal, penguatan sumber kekuatan manusia, dan juga  aspek budaya yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan didalam pengembangan IKN.

“Kita sendiri dari Kesultanan Paser menyambut dengan antusias IKN dan kita memohon langsung dibangun ibu kota negara baru ini. Kita juga meminta dari Kesultanan Paser dibuat Istana Kesultanan Paser di dekat IKN ibu kota negara,” ujar sultan Paser Muhammad Jarnawi.

See also  Update New Link Santi Millan Forocoches And Video Marita Alonso Santi Millan

Kepala Adat Dayak Kenya, Ajang Tedung, meminta adar masyarakat adat dilibatkan dalam Badan Otorita maupun pembangunan fisik IKN itu.

“Pertama itu, dengan adanya IKN ini tolong didalam Badan Otorita tuh masyarakat adat bisa diakomodir. Yang kedua dalam pembangunan fisik ya masyarakat sebagai kawan kerja. Yang ketiga kearifan lokal, tolong mencermati kearifan lokal, adat istiadat, budaya,” kata Ajang.

Senada dengan Ajang, Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar Syarifuddin HR meminta supaya masyarakat adat setempat lebih diperhatikan, terutama menyangkut kualitas sumber energi manusianya.

“Kita hanya minta tolong diperhatikan sumber kekuatan manusia kita sehingga kita tidak kalah dengan saudara-saudara kita pendatang dari luar nantinya,” tutur Syarifuddin.

“Supaya saudara-saudara kita generasi kita nanti bisa bersaing sebab masyarakat Kalimantan adalah masyarakat yang welcome, yang selalu bisa menghargai satu sama lain,” tambahnya.

Pemerintah berencana memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur pada tahun 2024.
Ibu kota baru berlokasi di antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Saat ini, pemerintah terus menyiapkan perpindahan Ibu Kota Negara baru. sebagai bagian dari persiapan, pemerintah saat ini tengah menyusun 10 peraturan turunan Undang-Undang IKN Nusantara.

Kesepuluh ketentuan itu akan dibuat dalam bentuk Ketetapan Pemerintah (PP), Ketentuan Presiden (Perpres), Ketentuan Presiden (Kepres), dan Keputusan Kepala Otorita IKN.
Aturan itu diharapkan selesai pertengahan Maret.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Leaked Link Video Viral Concert Square Liverpool Girl On Twitter

Leaked Link Video Viral Concert Square Liverpool Girl On Twitter

Hello everyone, meet again the manager who is not tired of sharing interesting information. Now, on this occasion, Viral Concert Square Liverpool Girl director will watch the video on Twitter. Are you looking for concert videos of Liverpool girls on Twitter right now? If so, congratulations. You are the happiest person right now. Because in [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.