free hit counter Pertamina Menemukan Cadangan Minyak Baru di Wilayah Jambi - smangaat.com

Pertamina Menemukan Cadangan Minyak Baru di Wilayah Jambi

Pertamina Menemukan Cadangan Minyak Baru di Wilayah Jambismangaat.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Pertamina menemukan minyak pada sumur eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (Sget-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kabupaten Muaro Jambi.Pertamina EP Regional Sumatera mengumumkan temuan minyak pada sumur eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (Sget-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kabupaten Muaro Jambi. Sumur ini terletak tidak lebih lebih 8 km dari fasilitas produksi eksisting SP Gs-02 dan 14 km dari fasilitas produksi SP Ketaling.

Direktur Primer PT Pertamina Hulu Rokan sebagai Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina, Jaffee Arizon Suardin mengatakan semua upaya ini merupakan wujud komitmen Pertamina di dalam menaikkan cadangan dan produksi migas di Sumatera dan menopang pencapaian sasaran produksi migas nasional.

Temuan minyak diperoleh lewat uji persentase lapisan (Drill Stem Test/Dst) pertama (Dst#1) yang dikerjakan pada reservoir sandstone Formasi Air Benakat pada interval 1.622-1.624 meter (Mmd). Sumber daya minyak ditemukan dengan laju aliran sebesar 434 barel per hari (Bph) dan dan gas 0.18 juta baku kaki kubik per hari (Mmscfd).

Selanjutannya, menurut Jaffe, pihaknya akan melakukan DST kedua (Dst#2) pada interval 1.491-1.495 meter (Mmd) di Formasi Air Benakat.

“Selain capaian temuan sumber energi itu, Sumur Sget-001 diselesaikan lebih cepat  dari jadwal dengan realisasi biaya di bawah sasaran. Mudah-Mudahan capaian itu bisa dipertahankan hingga rig release,” kata Jaffe didalam keterangan tertulis, Jumat (14/1).

See also  Berikut ini Cara Download Video Youtube Di HP Tanpa Menggunakan Aplikasi

Menurut dia, pengeboran sumur Sget-001 dilakukan dengan menyimak aspek HSSE dan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat. Temuan cadangan ini diharapkan jadi pemantik bagi pekerja Pertamina di Regional Sumatera untuk konsisten berupaya menemukan cadangan-cadangan migas baru.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan mengapresiasi upaya Pertamina yang berhasil  menemukan cadangan-cadangan migas di semua wilayah kerja hulu migas, khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Capaian ini dinilai bisa menjadi motivasi semua pihak, baik Pemerintah maupun penduduk setempat untuk menunjang industri hulu migas didalam mencari cadangan. “Kami perlu optimis bahwa tujuan bersama dengan akan bisa diwujudkan, inovasi ini harus bisa membangkitkan semangat kami dengan, sebab kemajuan industri hulu migas juga kemajuan kami seluruh,” kata Anggono.

Sebelumnya, Pertamina Hulu Mahakam (Phm) juga berhasil menemukan cadangan migas baru lewat pengeboran sumur eksplorasi Manpatu-1x (Mpt-1x) di Wilayah Kerja (Wk) Mahakam. Inovasi cadangan ini merupakan yang pertama pada 2022.

Sumur Mpt-1x merupakan sumur eksplorasi PHM yang ditajak pada 20 Oktober 2021 dengan kedalaman 4.188 mmd (Meter kedalaman terukur). Sumur itu punya sasaran pada Formasi Mentawir dan Formasi Tanjung Batu. Struktural Manpatu mempunyai sumber kekuatan P50 84,81 BCF (Miliar kaki kubik) gas dan 2,4 MMBO (Juta barel minyak).

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan, SKK Migas telah menyetujui ditunaikan Uji Kadar Lapisan (Ukl) pada dua interval, yaitu uji pertama (Dst-1) pada Formasi Batupasir Mentawir (Kedalaman 3.630 mmd), dan uji kedua (Dst-2) pada Formasi Batupasir Tanjung Batu (Kedalaman 2.240 mmd).

“Saat ini sudah dilaksanakan UKL pada Dst-1, di mana hasilnya terbukti bisa mengeluarkan hidrokarbon berupa minyak dan gas, dengan rate terukur 600 barel minyak per hari (Bph) dan 15 juta baku kaki kubik per hari (Mmscfd). Operasi UKL masih berjalan untuk terus melihat kemampuan reservoir dari bagian Delta Mahakam ini,” kata Fatar.

See also  Berikut Ini Adalah 14 Kode Redeem ff yang belum digunakan 2021

Dengan inovasi cadangan migas pada awal 2022 ini, SKK Migas semakin optimis kinerja hulu migas akan semakin baik dan bisa mencukupi sasaran lifting pada 2022.

“Walaupun sumur eksplorasi, tetapi semangat bonus yang diberikan oleh pemerintah kepada PHM mulai menyatakan bukti konkret sehabis selama kurang lebih 10 tahun tidak ditemukan cadangan migas yang signifikan di WK Mahakam,” ujar Fatar.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Leaked Roa Paloma Mami’s original video Leaked viral video on Twitter

Leaked Roa Paloma Mami’s original video Leaked viral video on Twitter

Video original de Roa Paloma Mami Video viral filtrado a Twitter e Instagram, instalación de lavado de manos sin contacto de Roa Paloma Mami. Hola, soy una persona de confianza en Infosolution. Encuentre un supervisor que lo mantendrá actualizado con la última información convincente sobre cómo realizar las encuestas de lavado de manos sin contacto de RoaPalomaMami. La última opción ha sido objeto de mucho debate entre [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.