free hit counter Tips Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik Bagi Konsumen! - smangaat.com

Tips Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik Bagi Konsumen!

Tips Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik Bagi Konsumen!smangaat.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Era globalisasi seperti sekarang ini, membuat persaingan pasar semakin sengit berlangsung diantara para pedagang. Beberapa besar konsumen juga telah semakin selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Ada banyak faktor yang jadi penyebab seseorang memilih sebuah produk untuk dibelinya, mulai dari kualitas, harga, sampai varian. Faktor lainnya yang mampu berfungsi sebagai penarik minat konsumen waktu ini yaitu keindahan. Estetika atau keindahan produk mampu jadi sebuah “Perangkap emosional” yang digunakan para penjual untuk menarik perhatian para konsumen agar mau membeli produknya.

Sementara ini, persaingan produk bukan hanya pada kualitas yang unggul atau teknologi pendukung yang canggih saja, namun juga ada pada bisnis para seller dalam memperoleh nilai tambah untuk menciptakan daya tarik produk kepada para konsumen. Salah satu hal yang sanggup dijalankan untuk menciptakan daya tarik adalah lewat desain produk. Energi tarik sebuah produk pasti tidak mampu dipisahkan dari kemasannya sebab kemasan adalah faktor utama yang berhadapan langsing dengan para konsumen. Oleh sebab itu, kemasan produk harus bisa dapat efek kepada konsumen untuk mendapatkan respon positif berupa keyakinan untuk membeli produk itu.

Hal inilah yang menjadikan desain kemasan produk punya peranan yang cukup berarti dalam rangka menarik minat para konsumen untuk membeli supaya penjualan produk itu sanggup meningkat. Jika anda seorang pebisnis, anda harus mulai mencermati desain kemasan produk untuk meningkatkan nilai jualnya. Terutama, jika produk anda banyak dijual dipasaran, itu berarti anda membutuhkan sesuatu yang bisa membuat produk anda ini berbeda dengan produk lainnya yaitu lewat kemasan. Mulai dari bentuk, rona, huruf, ilustrasi harus memiliki ciri tersendiri. Didalam artikel kali ini, akan dibahas berkaitan tips dan trik cara mendesain kemasan produk supaya menarik minat konsumen untuk membeli.

Apa Saja Fungsi Dari Suatu Kemasan Produk ? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Sebelum membahas terkait cara mendesain kemasan produk agar menarik, ada baiknya kamu mengetahui fungsi dari kemasan produk itu sendiri. Berikut ada fungsi kemasan produk yang harus ketahui.

  • Berperan dalam meningkatkan brand awareness dan juga kualitas produk karena semakin dikenal sekaligus juga dipercaya oleh para konsumen.
  • Berperan dalam proses pemasaran karena pada kemasan tercantum berbagai informasi terkait identitas produk seperti merk, alamat perusahaan produsen, jenis, label produk, expired date, dan juga kandungan gizi.
  • Berperan dalam menjaga kualitas produk di dalamnya, membuat makanan menjadi lebih tahan lama, pakaian tidak kusut, dan barang lainnya tetap aman sehingga dapat digunakan oleh para konsumen.

Kemasan produk secara tidak langsung dapat membujuk dan meyakinkan para konsumen untuk mau membeli produk tersebut melalui desain visualnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, kegiatan penginderaan manusia paling banyak melalui indera penglihatan sebanyak 80%. Oleh karena itu, unsur grafis dari suatu kemasan seperti warna, bentuk, dan tata letak menjadi unsur visual yang memiliki peranan besar dalam proses penyampaian visual communication. Karena desain kemasan memiliki peran penting dalam meningkatkan daya jual produk, maka kamu harus tahu cara mendesain kemasan produk agar menarik. Berikut ini merupakan faktor yang menjadi pertimbangan dalam desain kemasan produk yang harus kamu tahu.

  • Faktor pelindung
  • Faktor ekonomi/biaya produksi
  • Faktor distribusi
  • Faktor komunikasi
  • Faktor ergonomis/kemudahan
  • Faktor keindahan/estetika
  • Faktor identitas produk
  • Faktor promosi produk
  • Faktor kelestarian lingkungan
See also  Link Video Grup Telegram Pemersatu Bangsa 2022

6 Tips dan Trik Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik Bagi Para Konsumen Untuk Membeli Produk

Bagi anda para pebisnis pemula yang baru memulai usaha produsen, pasti anda punya pertanyaan tentang bagaimana cara mendesain kemasan produk supaya menarik. Berikut ini tips dan trik yang akan kita rangkum buat anda sebagai acuan di dalam mendesain kemasan produk milik anda.

1. Gunakan Warna Dasar yang Cerah dan Berbeda Dari Produk Lainnya

Dalam membuat kemasan produk yang unik dan menarik, bisa didukung oleh pilihan warna yang cerah dan berbeda dari yang lain. Anda bisa mencoba melakukan riset dan pengamatan pada produk yang sama milik kompetitor usaha anda. Mencermati warna yang biasa digunakan oleh produk mereka, anda bisa mulai memilh warna kemasan yang berbeda untuk produk anda.

Warna kemasan yang cerah biasanya jadi salah satu pilihan karena warna cerah akan cenderung lebih mencolok dan bisa menarik perhatian apabila diletakkan di rak atau etalase toko bersama dengan produk lainnya. Hal ini jadi tips pertama cara mendesain kemasan produk sehingga menarik.

2. Gunakan Desain Kemasan yang Sederhana

Dalam membuat kemasan produk, buatlah desain kemasan yang sederhana tetapi tetap menarik bagi konsumen, lalu berilah kesan unik pada kemasan produk anda. Buatlah desain yang memudahkan konsumen dalam membawanya. Hindari membuat desain yang rumit sebab bisa membingungkan para konsumen.

3. Cantumkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintah Terkait

Tips dan trik cara mendesain kemasan produk sehingga menarik yang berikutnya adalah dengan mencantumkan data legalitas dari forum pemerintahan yang berwenang. Tujuannya supaya meyakinkan para pembeli bahwa produk anda terjamin dan terpercaya dalam segi kesehatan. Contoh legalitas ini yaitu dari BPOM, Dinas kesegaran dan juga sertifikasi halal dari Mui.

4. Gunakan Gambar yang Menarik Pada Kemasan

Para konsumen terutama di Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu lewat visual. Oleh karena itu, anda bisa memberi tambahan gambar sehingga bisa menarik minat konsumen untuk membeli. Anda bisa beri tambahan gambar lucu berupa karikatur yang secara tidak langsung masih perihal dengan produk tanpa terkesan kaku.

See also  Unilever akan PHK 1.500 Karyawan Secara Global, Reorganisasi Bisnis

5. Tambahkan Informasi Penting Lainnya Dengan Menggunakan Font yang Menarik

Pada akhirnya, anda harus memikirkan informasi apa saja yang harus anda tambahkan pada kemasan produk itu sebab informasi itu sangat signifikan bagi para konsumen. Oleh karena itu, anda harus membuat informasi yang singkat tapi tidak sangat padat, gunakan gambar yang unik dan juga font huruf yang menarik. Tujuannya, supaya para konsumen tidak mengabaikan informasi itu dan tetap tahu keunikannya.

6. Gunakan Bahan Kemasan yang Berbeda Namun Tetap Terjangkau

Tips yang terakhir cara mendesain kemasan product sehingga menarik yaitu dengan kenakan bahan berbeda tetapi tetap unik dan mudah didaur kembali sehingga lebih ramah lingkungan. Anda bisa kenakan alternatif bahan kemasan dengan memakai kertas siklus lagi ataupun bahan lain yang mudah didaur kembali untuk tetap menghemat anggaran produksi. Tetapi, anda tetap mesti perhatikan keamanan kemasan pada bahan makanan.

Ketahui, apakah bahan itu aman dan tidak akan mempengaruhi kualitas produk anda. Apabila anda kenakan bahan kemasan siklus kembali, keuntungan pertama yang akan anda dapatkan adalah produk anda akan dikenal sebagai produk ramah lingkungan. Tidak hanya itu, dalam segi hemat kemasan siklus lagi mempunyai harga yang lebih murah dan yang paling akhir, produk anda akan punyai kesan yang unik dan berbeda dari produk lainnya.

Nah, itulah tips dan trik yang bisa anda ikuti perihal cara mendesain kemasan produk supaya menarik minat konsumen untuk membeli supaya bisa tingkatkan energi jual produk anda.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Leaked Video Viral On Twitter Who Is Zanele Sifuba? Who Is Zanele Sifuba Husband? Zanele Sifuba

Leaked Video Viral On Twitter Who Is Zanele Sifuba? Who Is Zanele Sifuba Husband? Zanele Sifuba

Who is Zanele Sifuba: If you do not know who is Zanele Sifuba and you have come to our website to know more about who is Zanele Sifuba, you have come to the right place. Who is Zanele Sifuba? After Zanele Sifuba's image surfaced on Twitter and Reddit, many people on the internet wanted to know who Zanele Sifuba's husband is and who Zanele Sifuba herself is. Who Is Zanele Sifuba? Mma Ntombizanele Sifuba, a politician and teacher from South Africa, has served as the Speaker of the [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *